Sunday, May 11, 2008

Festival Game Teknologi dan Animasi (FGTA) Putaran 3

Seputar festival game teknologi dan animasi (FGTA) Indonesia 2008 di ITS Surabaya, bisa dilihat disini


Festival Game Teknologi dan Animasi (FGTA) Indonesia 2008
Putaran 3, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

FGTA Indonesia 2008 putaran-3 di ITS akan dilaksanakan pada tangal 19 – 23 Mei 2008 di Graha Sepuluh Nopember Surabaya, dimana dalam FGTA Indonesia putaran kali ini akan melombakan dua bidang lomba yang terbagi dalam beberapa kategori, yaitu :
1.Games, untuk :
o Kategori mahasiswa (mahasiswa – mahasiswi D1, D2, D3, D4, S1, dan S2)
o Kategori umum (mahasiswa – mahasiswi S3, kalangan umum, serta profesional)
2.Animasi, untuk :
o Kategori pelajar (siswa – siswi SMP & SMA atau sederajat)
o Kategori mahasiswa (mahasiswa – mahasiswi D1, D2, D3, D4, S1, dan S2)
o Kategori umum (mahasiswa – mahasiswi S3, kalangan umum, serta profesional)

Kategori penilaian dua bidang lomba dalam FGTA Indonesia 2008 putaran ke-3 ini diadaptasi dari model penilaian sejenis di Jepang, Korea, dan Taiwan, yaitu :
1.Untuk bidang lomba Games
o Skenario dan Immersive Environment
Penilaian di titik beratkan pada konten cerita, apakah pembuat game mampu membawa
karakter lokal atau budaya bangsa, dan sebagainya.
o User Interface
Penilaian di titik beratkan pada User Interface yang dikembangkan apakah lebih
akrab dengan pengguna atau bisa menggunakan multi model (komponen tubuh seperti
mata, telinga, atau kaki).
o Pemodelan 3D, Art (seni), dan Komputer Graphic
Penilaian di titik beratkan pada desain grafis dan keindahan seni dari game
tersebut sehingga dapat menarik pemain game.
o Networking
Penilaian di titik beratkan pada bagaimana game tersebut dapat dikembangkan untuk
kolaborasi dan kompetisi di jaringan.
o Artificial Intilligent / Kecerdasan Buatan
Penilaian di titik beratkan pada kecerdasan buatan yang dikembangkan dalam game
tersebut.
2.Untuk bidang lomba Animasi
o Skenario dan Immersive Environment
Penilaian di titik beratkan pada konten cerita, apakah pembuat animasi mampu
membawa karakter lokal atau budaya bangsa, dan sebagainya.
o Pemodelan 3D, Art (seni), dan Komputer Graphic
Penilaian di titik beratkan pada desain grafis dan keindahan seni dari animasi
tersebut.

Pendaftaran peserta dibuka mulai tanggal 10 Mei Pukul 00.00 sampai dengan tangal 18 Mei Pukul 24.00 secara online di http://game2008.diknas.go.id. Untuk pendaftaran ulang dan registrasi peserta diadakan pada tanggal 19 Mei Pukul 07.00 di Graha Sepuluh Nopember Surabaya. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengirimkan e-mail ke fgta2008@lcen-its.org

Source :http://game2008.diknas.go.id/putaran3.php

Read More......

Thursday, May 8, 2008

Pendahuluan Komputer Grafik

Komputer Grafik adalah ilmu yang mempelajari bagai mana cara menyajikan informasi kedalam bentuk grafik. Ada banyak macam informasi yang dapat disajikan kedalam bentuk grafikSangat jarang orang yang menyukai dan memilih untuk menekuni bidang komputer grafik, disamping harus memiliki logika yang baik, juga dibutuhkan keuletan dan ketelitian.klo orang jawa bilangnya "jlimet", tetapi dibalik kesukaran pasti ada kemudahan hehe... :) belajar komputer grafik ternyata banyak manfaatnya.

Bagi pembaca yang berminat terhadap ilmu komputer grafik, Di sini materinya dapat didownload monggo........

Buku Komputer Grafik

Read More......

Algoritma RSA



Ini tugas kuliah minggu lalu, mengenai security jaringan. Membahas tentang algoritma RSA. Apa dan bagaimana logika RSA dan bagaimana implementasinya ada disini

Algoritma RSA

Dari sekian banyak algoritma kriptografi kunci-publik yang pernah dibuat, algoritma yang paling populer adalah algoritma RSA.

Algoritma RSA dibuat oleh 3 orang peneliti dari MIT (Massachussets Institute of Technology) pada tahun 1976, yaitu: Ron (R)ivest, Adi (S)hamir, dan Leonard (A)dleman.

Keamanan algoritma RSA terletak pada sulitnya memfaktorkan bilangan yang besar menjadi faktor-faktor prima. Pemfaktoran dilakukan untuk memperoleh kunci pribadi. Selama pemfaktoran bilangan besar menjadi faktor-faktor prima belum ditemukan algoritma yang mangkus, maka selama itu pula keamanan algoritma RSA tetap terjamin.

Besaran-besaran yang digunakan pada algoritma RSA:
1. p dan q bilangan prima (rahasia)
2. r = p  q (tidak rahasia)
3. (r) = (p – 1)(q – 1) (rahasia)
4. PK (kunci enkripsi) (tidak rahasia)
5. SK (kunci dekripsi) (rahasia)
6. X (plainteks) (rahasia)
7. Y (cipherteks) (tidak rahasia)

Teori Lengkap Bisa Didownload di :
Algoritma RSA
Tugas RSA

Read More......

Tuesday, January 15, 2008

Konsep Dasar Basis Data

Basis data merupakan kumpulan data yang saling berhubungan (relasi). Relasi biasanya ditunjukan dengan kunci dari tiap file yang ada. Dalam satu file terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan direkam dalam satu record.


Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa basis data mempunyai beberapa kriteria penting, yaitu :
1. Bersifat data oriented dan bukan program oriented.
2. Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.
3. Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya.
4. Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah
5. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.
Prinsip utama basis data adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibelitas dan kecepatan dalam pengambilan data kembali. Adapun Tujuan basis data diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Efisiensi meliputi speed, space dan accurancy.
2. Menangani data dalam jumlah besar.
3. Kebersamaan pemakaian (Sharebility).
4. Meniadakan duplikasi dan inkonsistensi data.
Sistem basis data merupakan perpaduan antara basis data dan sistem manajemen basis data (SMBD). Komponen-komponen sistem basis data meliputi :
1. Perangkat Keras (Hardware) sebagai pendukung operasi pengolahan data.
2. Sistem Operasi (Operating System) atau perangkat lunak untuk mengelola basis data.
3. Basis data (Database) sebagai inti dari sistem basis data.
4. Sistem Manajemen Basis Data (SMBD).
5. Pemakai (User).
6. Aplikasi lain.
Perangkat untuk menjaga abstraksi data dikenal dengan sebutan data model. Data model merupakan kumpulan konsep yang dapat digunakan untuk menggambar struktur data. Struktur basis data meliputi tipe data, relationship, dan beberapa syarat yang harus dipenuhi basis data.
Ada beberapa definisi yang umum digunakan dalam basis data, yaitu :
Entitas : Entitas adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam. Pada bidang Administrasi Siswa misalnya, siswa, buku, pembayaran.
Atribut : Atribut biasa disebut juga data elemen, data field, atau data item yang digunakan untuk menerangkan suatu entitas dan mempunyai harga tertentu, misalnya atribut dari entitas pegawai diterangkan oleh, nama, umur, alamat, pekerjaan.
Data Value (Nilai Data) : Data Value adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data, elemen, atau atribut. Atribut nama pegawai menunjukan tempat dimana informasi nama karyawan disimpan, nilai datanya misalnya adalah Anjang, Arif, Suryo, dan lain-lain yang merupakan isi data nama pegawai tersebut.
File/Tabel : Kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang elemen yang sama, atribut yang sama, namun berbeda nilai datanya.
Record/Tuple : Kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi.

1. Persyaratan Basis Data
Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan pada pembuatan file basis data agar dapat memenuhi kriteria sebagai suatu basis data, yaitu :
a) Redudansi dan inkonsistensi data : Penyimpanan data yang sama dibeberapa tempat disebut redundansi, hal ini menyebabkan pemborosan dan menimbulkan inkonsistensi data (data tidak konsisten) karena bila terjadi perubahan terhadap data maka data harus dirubah dibeberapa tempat, hal ini tentunya tidak efisien.
b) Pengaksesan data : Data dalam basis data harus siap diakses oleh siapa saja yang membutuhkan dan mempunyai hak untuk mengaksesnya. Oleh karena itu perlu dibuat suatu program pengelolaan atau suatu aplikasi untuk mengakses data yang dikenal sebagai DBMS.
c) Data terisolasi untuk standarisasi : Jika data tersebar dalam beberapa file dalam bentuk format yang tidak sama, maka akan menyulitkan dalam menulis program aplikasi untuk mengambil dan menyimpan data, oleh karena itu data dalam satu database harus dibuat satu format sehingga mudah dibuat program aplikasinya
d) Masalah keamanan (security) : Tidak setiap pemakai sistem basis data diperbolehkan untuk mengakses semua data, misalnya data mengenai gaji pegawai hanya boleh dibuka oleh bagian keuangan dan personalia, sedang bagian gudang tidak diperkenankan untuk membukanya. Keamanan dapat diatur dan disesuaikan baik ditingkat basis data atau aplikasinya.
e) Masalah integritas (Integrity) : Basis data berisi file yang saling berhubungan, masalah utama adalah bagaimana kaitan antar file tersebut terjadi meski diketahui bahwa file A terkait dengan file B, namun secara teknis ada field yang mengaitkan kedua file tersebut oleh karena itu field kunci tidak dapat diabaikan dalam merancang suatu basis data.
f) Multiple user : Salah satu alasan basis data dibangun adalah karena nantinya data tersebut digunakan oleh banyak orang, baik dalam waktu berbeda maupun bersamaan sehingga kebutuhan akan basis data handal yang mendukung banyak pemakai perlu dipertimbangkan.
g) Data independence (kebebasan data) : Pada aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman seperti BASIC misalnya, apabila program telah selesai dibuat dan ternyata terjadi perubahan terhadap struktur file maka program tersebut harus diubah, ini artinya program tersebut tidak bebas terhadap database yang ada. Berlainan dengan paket DBMS apapun yang terjadi pada struktur file, setiap kali hendak melihat data cukup dengan utility LIST. Ini artinya perintah DBMS bebas terhadap database karena apapun perubahan terhadap database, semua perintah akan stabil tanpa ada yang perlu diubah. Data independence dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
? Phisycal Data Independence : Kebolehan untuk mengubah pola fisik database tanpa mengakibatkan suatu aplikasi program ditulis kembali. Modifikasi pada level fisik biasanya hanya pada saat meningkatkan daya guna.
? Logical Data Independence : Kebolehan mengubah pola konseptual tanpa mengakibatkan suatu aplikasi program ditulis kembali. Modifikasi pada level konseptual teristimewa saat struktur logika database berubah, ditambahkan atau dikurangi.
2. Abstraksi Data
Kegunaan utama sistem basis data adalah agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan abstraksi dari data. Bayangan mengenai data tidak lagi memperhatikan kondisi sesungguhnya bagaimana satu data masuk ke database disimpan dalam sektor mana, tetapi menyangkut secara menyeluruh bagaimana data tersebut dapat diabstraksikan mengenai kondisi yang dihadapi oleh pemakai sehari-hari. Sistem yang sesungguhnya, tentang teknis bagaimana data disimpan dan dipelihara seakan-akan disembunyikan kerumitannya dan kemudian diungkapkan dalam bahasa dan gambar yang mudah dimengerti oleh orang awam.
Ada tiga kelompok pemakai dalam tingkatan abstraksi saat memandang suatu database, yaitu :
? Level Fisik : Level ini merupakan level abstraksi paling rendah karena menggambarkan bagaimana data disimpan dalam kondisi sebenarnya.
? Level Konseptual : Level ini menggambarkan data apa yang disimpan dalam database dan hubungan relasi yang terjadi antara data dari keseluruhan database. Pemakai tidak memperdulikan kerumitan dalam struktur level fisik lagi, penggambaran cukup dengan memakai kotak, garis,dan hubungan secukupnya.
? Level Pandangan Pemakai (View level) : Level ini merupakan level abstraksi data tertinggi yang menggambarkan hanya sebagian saja yang dilihat dan dipakai dari keseluruhan database, hal ini disebabkan beberapa pemakai database tidak membutuhkan semua isi database.


Read More......

Job Interview Tips

If you have difficulties in job interview, you can read this article. I'm sure this article will helpfull for job seeker in interview test


1. Know the company
Find out as much as you can about the position, the company and its needs, so you can show how your background meets those needs.

2. Know yourself.
Mentally review the skills and character traits you have that will help the company's bottom line. Think in terms of the value you can add to the position and the company.

3. Know your job history.
Mentally review your past achievements and be prepared to describe your work experience in detail.

4. Know the questions.
You can almost bet on being asked: "Tell me about yourself." Approach this from the employer's point of view. Think of the worst questions you could be asked about your experience and abilities, then prepare positive responses.

5. Prepare questions of your own.
Employers are as interested in your questions as they are in your answers. And they'll react favorably if you ask intelligent questions about the position, the company and the industry.

6. Get the big picture.
Visualize the entire interview, from start to finish.

7. Punctuality.
Do whatever it takes to arrive a few minutes early. If necessary, drive to the company the night before and time yourself. Allow extra time for traffic, parking and slow elevators.

8. Dress.
Your clothing should be appropriate for the position you're seeking.

9. Grooming.
Clean hair and fingernails are essential. Hair should be styled conservatively. Avoid excessive make-up, jewelry or cologne.

10. Handshake.
A firm handshake is appropriate and projects confidence. Make eye contact when you shake.

11. Body language.
Send the right message by standing straight, moving confidently, and sitting slightly forward in your chair.

12. Enthusiasm and eye contact.
Show your enthusiasm by making eye contact and keeping an interested expression. Nod and gesture in moderation; excessive body movement can distract and annoy the interviewer.

13. Listening skills.
Listen carefully and ask questions to probe deeper into what the interviewer is telling you. Most interviewers are delightfully surprised by a question such as, "How could I help you solve the problem you've just described?"

14. Communication skills.
Good grammar and articulate speech are essential.

15. Negative statements about previous jobs or employers.
NEVER make them. Instead, be diplomatic. No matter how bad your last job or boss was, there's probably something good you learned from the experience.

16. It's essential that you write a thank-you note to every person you met at the company.

Read More......

Sunday, March 18, 2007

A to Z to get Healthy and Sexy

I think this is good article. This article tell us about how to make our body get healthy and sexy in right way. Its use full for woman who want to loose her weight, me for example :}. Check this out....

A for Add Some Sleep
Kebiasaan tidur larut malam sangat tidak baik, karena Anda akan terangsang untuk makan sebelum tidur. Perut pun jadi membuncit. Makanya, mulai biasakan tidur lebih awal. Coba dari 15 menit lebih awal dari kebiasaan tidur malam Anda. Lalu, kembali tambahkan 15 menit menjadi 30 menit untuk hari selanjutnya. Sampai tidak ada kesempatan buat Anda mengunyah lebih banyak makanan di malam hari. Selain itu tidur cukup sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah Anda.

B for Bring Your Own Lunch
Tak cuma menghemat uang, tapi kebersihan makanan terjamin. Anda pun dapat mengontrol kalori yang ingin dikonsumsi.

C for Cut Your Portion in Half
Lebih dari 60 persen wanita selalu menghabiskan porsi makanan yang disajikan saat makan di restoran. Meski mereka tahu porsi yang disajikan terlalu besar. Triknya, pesan menu pembuka atau appetizer sebagai menu utama. Atau jika Anda tetap memesan menu utama, saat makanan tiba segera dibagi dua. Makan setengahnya saja. Dan sisanya Anda jangan malu untuk dibawa pulang agar tak merasa bersalah.

D for Drink Coffee
Menurut penelitian, minum kopi 30 menit sebelum makan menekan nafsu makan sebanyak 35
persen. Selain itu dapat meningkatkan kerja metabolisme. Silakan coba. Asal jangan terlalu banyak menambahkan gula ke dalamnya, namun boleh memasukkan bubuk creamer.

E for Eat Protein in Every Meal
Setiap kali Anda makan pastikan selalu memasukkan protein ke dalamnya. Karena protein
membuat Anda cepat merasa kenyang dan mengolah gula darah menjadi energi.

F for Fruit Intake
Buah-buahan memang menyehatkan, namun hati-hati jangan terlalu banyak dikonsumsi. Tingginya kadar gula buah akan terfermentasi dalam usus dan menyebabkan produksi gas meningkat sehingga perut jadi kembung. Beberapa buah yang mengandung gula buah yang tinggi adalah apel, pir, prune, peach, apricot, cherries, dan plum. Jika Anda ingin perut terlihat ramping pada satu acara tertentu, hindari buah-buahan atau jus buah tersebut.

G for Get Your Thyroid Check
Jika tiroid atau kelenjar getah bening Anda tidak bekerja dengan baik, kerja metabolisme pun bisa jadi lambat. Hal ini membuat pembakaran kalori pun ikut lambat. Artinya cadangan lemak akan semakin menumpuk dan tubuh mudah menggemuk. Segera cek ke dokter untuk mengetahui apakah kelenjar getah bening ini yang jadi kendala Anda sulit menurunkan berat badan.

H for Hot Lemonade
Menurut pakar yoga, awali hari Anda dengan menenggak segelas air hangat yang telah dibubuhi jeruk lemon dan sedikit madu. Minuman ini baik untuk mengeluarkan timbunan air di dalam tubuh dalam bentuk air seni.

I for Interval
Olah raga kardio sangat baik untuk memangkas kalori dan membuat tubuh cepat terlihat
ramping. Jika Anda lebih suka memakai treadmill, selang-selingi kecepatannya. Hal ini justru cepat membakar kalori. Awali jalan kaki dengan kecepatan 3.5 mph selama 5 menit. Lantas, lari selama dua menit dengan menaikkan kecepatan menjadi 6 mph. Kemudian turunkan kecepatan menjadi 4 mph selama tiga menit dengan berjalan cepat. Lakukan pergantian kecepatan ini terus menerus selama 25-30 menit. Dan setelah itu untuk pendinginan kembali jalan kaki dengan kecepatan 3.5 mph.

J for Jacket, please
Untuk menghindari dari tatapan mata orang ke area perut yang sedikit besar, coba trik dengan memakai jaket panjang. Ukuran yang melebihi pinggul membantu Anda terlihat lebih panjang dan ramping. Pilih warna gelap atau motif garis memanjang.

K for Keep Away From the Demi
Jika Anda ingin membeli bra baru, hindari dari tipe setengah cup. Cari tipe fuller-cup dan berkawat untuk mengangkat �beban� buah dada Anda yang besar. Hal ini membantu torso Anda terlihat lebih panjang.

L for Low-rise Jeans
Coba kenakan jeans atau celana panjang dengan model low-rise. Celana yang jatuhnya di
pinggul atau di bawah pusar akan membuat torso Anda tampak lebih tinggi dan terkesan
ramping.

M for Mini Meal
Ada kencan di malam hari? Biasakan makan kecil sebelum pergi. Hal ini akan mengurangi
keinginan Anda makan banyak saat candlelight dinner. Artinya Anda bisa menghindari dari mengonsumsi banyak kalori dan lemak.

N for No Soda
Segala minuman yang berkarbonasi bikin perut kembung dan membesar karena tekanannya. Just stick to water. Air mineral bikin tubuh sehat.

O for Oil not Butter
Jika Anda ingin makan roti (pilih yang terbuat dari gandum), lebih baik sajikan dengan minyak zaitun atau olive oil dibandingkan mengolesnya dengan mentega. Selain jantung jadi lebih sehat, kalorinya pun lebih rendah. Lemak yang terkandung dalam olive oil lebih baik dibandingkan dengan mentega.

P for Push off the PMS
PMS bikin Anda merasa seperti ikan paus? Journal of Psychosomatic Obstetrics and Gynecology menerangkan bahwa terapi pijat akan menurunkan kadar kegelisahan saat sebelum haid, rasa depersi, dan ketidaknyamanan. Plus, baik untuk membuang simpanan air dalam tubuh. Hal ini merupakan kabar baik buat Anda yang ingin perutnya terlihat ramping saat menstruasi.

Q for Quit Sodium Snack
Makan makanan ringan bersodium tinggi menyebabkan penimbunan air dalam tubuh. Jadi ucapkan selamat tinggal buat makanan bersodium tinggi jika tak mau perut membesar.

R for Reduce Stomach Swell
Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology dengan mengonsumsi lebih banyak kalsium, kurang lebih 1.200 mg setiap hari membantu menurunkan ketidaknyamanan PMS. Dengan menangkis ketegangan emosi dan mood yang turun naik, menghindari Anda untuk makan berlebih, dan usaha dapatkan perut ramping pun tetap berjalan dengan baik.

S for Spit out Your Gum
Mengunyah permen karet terlalu lama, terutama yang tak ada tambahan gula, menyebabkan angin yang masuk ke dalam tubuh berlebihan. Hal ini menyebabkan perut Anda kembung. Boleh mengunyah permen karet untuk menyegarkan napas atau membersihkan gigi sebelum kencan. Tapi jangan terlalu lama. Jika hasilnya sudah terlihat, seperti napas sudah jadi segar, segera buang sebelum Anda makan angin dan bikin perut menggelembung.

T for Take Sauna
Ada baiknya Anda mandi uap atau sauna sesekali untuk membantu mengeluarkan kelebihan air dan toksin dalam tubuh. Jangan lupa bawa sikat berbulu halus untuk membersihkan tubuh saat uap sudah bekerja. Selain kulit akan mengilap, peredaran darah pun jadi lancar.

U for Use body scrub
Boleh juga Anda membawa body scrub jika tak ada sikat saat sauna untuk mengangkat kulit. Mengoleskan body scrub dua kali seminggu saat Anda mandi pun sangat baik. Oleskan ke seluruh tubuh terutama bagian perut. Usap kurang lebih 60 detik di setiap bagian tubuh. Kulit akan terlihat halus dan licin.

V for Vacation Needed
Sebulan sudah berlalu, namun target menurunkan berat badan belum tercapai dan perut masih terlihat besar, artinya Anda butuh istirahat. Segera �liburkan� pikiran dan tubuh Anda dari target mencapai berat badan dan perut ideal. Jika Anda paksakan, bukannya target tercapai, justru stres menghampiri.

W for Wear Pedometer
Penelitian menerangkan bahwa pedometer akan selalu menyadarkan Anda untuk beraktivitas di tingkatan yang benar.

X for Xtra Gratitude
Segala usaha yang sudah Anda lakukan dan dapatkan dalam hidup, termasuk dapatkan berat badan ideal harus dihargai. Meski perubahan yang Anda harapkan datangnya perlahan, bersyukurlah. Hal ini membantu Anda untuk tetap fokus.

Y for Your Tummy Tuck
Berjalanlah dengan postur tubuh yang baik: kencangkan otot bokong dan tarik ke dalam otot perut Anda. Baik buat melatih otot bagian tengah tubuh dan cukup memakan energi, serta mencegah sakit leher dan punggung.

Z for Zip and Dance
Nyalakan CD player Anda, pasang lagu up beat, naikkan volume-nya, dan menarilah. Ikuti hentakan irama dan bersemangatlah menggoyangkan tubuh minimal untuk 4 lagu berturut-turut. Anda senang, hati riang, dan kalori pun terbakar.

www.cosmopolitan.co.id

Read More......

Wednesday, March 7, 2007

Let's Make "Read More"

Yesterday, Iwan's blog was broken. Its because he wanted to add "read more" facility in his blog, but he get difficulty and get stress. And mas Aries and Iwan wanted me to take resposiblity. It doesn't make sense :). Therefore, I decide to share how to add read more in blog to make our blog more simple and interesting. The steps bellow is for blogger beta version. Let's Try ....

First Step :
1.Open template --> edit HTML
2.Give check in "expand widget template"
3.Find this code :

<div class='post-header-line-1'/> <div class='post-body'>

4.Write this code bellow the code above.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>


5. After code above, You can find this code
<p><data:post.body/></p>
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>


6. Between <p><data:post.body/></p> and
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>

Please write this code :
<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>


7 Please check again the code structure :

<div class='post-header-line-1'/> <div class='post-body'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>

<p><data:post.body/></p>
<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>

<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>


8. Click SETTINGS, and choose FORMATTING. Please find POST TEMPLATE menu. Fill the box with this code :

<span class="fullpost">


</span>


Don't forget to click SAVE
9. Place your article above the code, and place the another between
<span class="fullpost">
</span>

GOOD LUCK!!!

Read More......